cover
Contact Name
Ventje Jeremias Lewi Engel
Contact Email
ventje@ithb.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
dina_angela@ithb.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Telematika
ISSN : 18582516     EISSN : 25793772     DOI : -
Jurnal Telematika is a scientific periodical written in Indonesian language published by Institut Teknologi Harapan Bangsa twice per year. Jurnal Telematika publishes scientific papers from researchers, academics, activist, and practicioners, which are results from scientific study and research in the field of telematics and information technology.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2014)" : 6 Documents clear
Implementasi Machine-to-Machine untuk Sistem Pemantau Kualitas Udara dan Sungai Ari Setiawan; Susan .; Eka Kurnia Asih
Jurnal Telematika Vol 9, No 1 (2014)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Isu lingkungan telah menjadi masalah umum yang harus segera ditindaklanjuti. Berbagai pencemaran lingkungan telah terjadi, seperti polusi udara dan sungai. Teknologi dapat memainkan peran untuk mencegah degradasi lingkungan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah untuk memantau parameter atau indikator kerusakan lingkungan dan bencana alam. Parameter yang udara dan kualitas air sungai. Mesin-ke-mesin (M2M) adalah teknologi yang dapat dikembangkan untuk mewujudkan sistem pemantauan ini. Penelitian ini mengusulkan penerapan teknologi M2M untuk memantau udara dan sungai. Sensor yang mendeteksi kualitas air (kandungan kimia, pH) dan kualitas udara (monoksida dan timah, kelembaban, suhu) ditempatkan di beberapa lokasi (node) yang rentan atau berpotensi terkena polusi. Pembacaan sensor diproses oleh modul M2M kemudian ditransmisikan ke pusat pengolahan data (server web) melalui jaringan nirkabel CDMA. Hasil dari penelitian ini adalah prototipe sistem yang memiliki kemampuan untuk memantau udara dan sungai melalui jaringan CDMA. Environment issues have become a common problem which should be followed up immediately. Various environmental pollution has occurred, such as air and river pollution. Technology can play a role to prevent environmental degradation. One of the efforts is to monitor the parameters or indicators of environmental degradation and natural disasters. The parameters are air and river water quality. Machone-to-machine (M2M) is a technology that can be developed to realize this monitoring system. This research proposes the implementation of M2M technology to monitor air and river. Sensors that detect water quality (chemical contents, pH) and air quality (monoxide and lead, humidity, temperature) are placed at several locations (nodes) which is vulnerable or potentially pollution exposed. The sensors readings is processed by an M2M module then transmitted to a data processing center (the web server) through the CDMA wireless network. The result of this research is a system prototype which has capability to monitor air and river through the CDMA network.
Perancangan Sistem Informasi Pengukuran Kepuasan Pelanggan Perusahaan Asuransi dengan Menggunakan Metode Servqual, IPA, dan Analisis Regresi Linear Sederhana (PT. XYZ) Elfika Hepifesti; Joko Siswanto
Jurnal Telematika Vol 9, No 1 (2014)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan jasa asuransi lokal yang paling tua di Indonesia. Sebagai perusahaan jasa PT. XYZ menyadari pentingnya mempertahankan dan meningkatkan pelanggan. Dalam hal ini feedback dari pemegang polis sangat berperan penting untuk perusahaan melakukan peningkatan maupun perbaikan pelayanan. Namun, permasalahan yang dihadapi adalah adanya keterbatasan informasi hasil evaluasi mengenai tingkat kepuasan pemegang polis pada salah satu Kantor Cabangnya. Selain itu, perusahaan juga memerlukan analisis hubungan antara kepuasan pemegang polis dengan loyalitasnya. Sistem informasi yang dirancang dalam penelitian ini menghasilkan output berupa report perhitungan servqual seperti informasi nilai bobot, nilai gap, nilai per dimensi, kuadran IPA, serta hasil keluhan pemegang polis. Report tersebut merupakan hasil evaluasi terhadap tingkat kepuasan yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan untuk meningkatkan atau memperbaiki layanan. Dari hasil analisis hubungan antara kepuasan pemegang polis dengan loyalitasnya didapat loyalitas mempunyai kontribusi terhadap kepuasan sebesar 84%, sedangkan sisanya sebesar 16% dijelaskan oleh variabel lain seperti citra perusahaan dan tingkat kenyamanan pemegang polis. PT. XYZ is the oldest local insurance company Indonesia. As a service company, PT. XYZ realizes how important it is to maintain customer and increas customer satisfaction. The feedbacks from policyholders are vary important in increasing the service quality. However, the problem is the limitation of the evaluation results of the policyholders. There is also a need for analysis between the policyholders satisfaction and their loyalty. The information system designed in this research will produce a report of servqual calculation like weighted values, gap values, dimension values, IPA Quadrant, and policyholder complaints. This report is the result of evaluation of customer satisfaction that can be used to make decision to upgrade the service. From the analysis on relationship between policyholder satisfaction and their loyalty, it is obtained that the loyalty have 84% contribution while the 16% remaining is explained by other variable like company image and policyholder comfort.
Pengembangan Model Dashboard Kinerja Perusahaan Pemasok Daya Listrik ke Perusahaan Devi Puspitarini Rachman; Joko Siswanto
Jurnal Telematika Vol 9, No 1 (2014)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pemantauan kinerja dan ketersediaan informasi yang real-time sangat penting untuk mendukung kesuksesan proses manajemen strategis perusahaan. Dashboard dan scorecard merupakan sistem manajemen kinerja yang dapat memfasilitasi suatu organisasi dalam mengukur, memonitor, dan mengelola kinerja proses bisnis baik dari aspek finansial maupun non-finansial yang dapat digunakan sebagai alat pemantauan pencapaian kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model dashboard dengan framework balanced scorecard untuk perusahaan pemasok daya listrik ke perusahaan. Penelitian ini diawali dengan melakukan studi kasus pendahuluan pada 3 (tiga) perusahaan/unit bisnis pemasok daya listrik ke perusahaan, yaitu PT Krakatau Daya Listrik, Divisi Power House PT Batamindo Investment Cakrawala, dan PT Pelayanan Listrik Nasional Batam. Analisis cross-case dilakukan pada manajemen strategis, sistem manajemen kinerja, dan penggunaan indikator kinerja oleh ketiga objek penelitian. Selanjutnya dikembangkan model dashboard kinerja strategis pada 3 elemen, yaitu informasi (internal dan eksternal), pengguna, dan presentasi data dashboard kinerja mengacu kepada hasil dari studi kasus pendahuluan tersebut. Berdasarkan pengembangan model dashboard kinerja tersebut, dibangun suatu prototype dashboard kinerja strategis dengan framework balanced scorecard untuk perusahaan/unit bisnis pemasok daya listrik ke perusahaan. Penelitian ini menghasilkan 21 indikator kinerja strategis yang dapat diadaptasi dan dikonfigurasi untuk pihak eksekutif perusahaan dan visualiasi dashboard kinerja dengan presentasi data dan fitur-fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Performance monitoring system and real time information availability is very important in suppporting strategic management process in a company. Dashboard wit scorecard is one of performance monitoring system that can facilitate an organization in assessing, monitoring and managing business process performance in order to monitor the company performance achievement. The purpose of this study was to develop a dashboard using Balanced Scorecard framework for electrical supplier companies. The study began with preliminary case study in three companies, namely PT Krakatau Daya Listrik, PT Batamindo Investment Cakrawala Power House Division, and PT Pelayanan Listrik Nasional Batam. Cross case analysis in strategic management, performance management system and performance indicator application was performed. Based on the analysis, strategic performance dashboard model was built on three elements namely information (external and internal) and user. Based on the model, a prototype of electrical supplier company strategic performance dashboard was developed, using balanced scorecard framework. This study produced 21 strategic performance indicators, still could be configured and adapted by company executive, including the visualization, in accordance with company needs. 
Iket Sunda sebagai Konstruksi Sosial dalam Pemberitaan Surat Kabar Yosi Yonata; Cut Fiarni; Marseli Afyuni Tania
Jurnal Telematika Vol 9, No 1 (2014)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Foto jurnalistik yang menampilkan satu atau beberapa individu yang menggunakan iket menjadi hal yang semakin sering dilihat di halaman media cetak belakangan ini. Meningkatnya pemakaian iket oleh berbagai kalangan masyarakat ini juga mendorong munculnya banyak pemberitaan yang menimbulkan persepsi di masyarakat, yang berupa konstruksi sosial yang dapat mengubah pandangan pembaca atas berita yang tertuang. Penelitian ini menggunakan analisis framing dengan model Robert N. Entman sebagai alat penelitian. Sebagai landasan dan pengantar analisis framing, setiap contoh foto jurnalistik akan diteliti aspek fotografinya dan penempatannya pada lay-out halaman surat kabar. Analisis framing digunakan untuk mengetahui bagaimana seorang fotografer dan redaksi membingkai (framing) foto jurnalistik di halaman surat kabar yang pada akhirnya memunculkan sebuah konstruksi sosial yang diakibatkan karena perbedaan penempatan foto jurnalistik pada halaman surat kabar. Photojournalism featuring one or more individuals who use iket become more often seen in print media these days. The increasing use of iket by various circles of society also encourages the emergence of a lot of news that create the perception in the community, in the form of construction of social reality which can change the view of the above news reader contained. This study uses framing analysis by Robert N. Entman modelas as a research tool. As an introduction to the foundation and framing analysis, each sample will be studied from its photojournalism aspect of photography and its placement on the lay-out pages of newspapers. Framing analysis is used to determine how a photographer and editor create framing photo journalism in the pages of newspapers, which in turn gave rise to a social construction that is caused by differences in the placement of photo journalism at a newspaper page.
Penjadwalan Job Shop pada Empat Mesin Identik dengan Menggunakan Metode Shortest Processing Time dan Genetic Algorithm Anggoro Prasetyo Utomo; Karinka Priskila Tehupeiory
Jurnal Telematika Vol 9, No 1 (2014)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. DI merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pembuatan komponen pesawat terbang belum dapat mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya karena penjadwalan mesin yang dilakukan belum efisien. Penjadwalan mesin tidak sesuai dengan penjadwalan produksi yang telah ditetapkan dan selalu memprioritaskan pengerjaan part yang memiliki waktu proses yang lebih panjang. Metode penjadwalan mesin yang tepat sangat diperlukan maka pada penelitian ini berfokus pada perbandingan metode penjadwalan yang dapat meminimasi waktu penyelesaian dari sejumlah pekerjaan yaitu metode Shortest Processing Time (SPT) dan Genetic Algorithm (GA). Rata-rata flow time dari metode SPT adalah 251 menit, sementara rata-rata flow time pada generasi terbaik yang dihasilkan dengan menggunakan metode GA yaitu sebesar 264 menit. Hal ini terjadi karena jumlah iterasi dan parameter percobaan pada metode GA yang belum memadai, dimana kemungkinan GA akan memberikan hasil yang lebih baik. PT.DI, as an aircraft industry, has not optimize the resources since they has not implement optimization in production scheduling. It is proposed in this paper, that the Shortest Processing Time (SPT) and Generic Algorithm (GA) are the methods to minimize the mean flow time. The mean flowtime from the SPT methode is 251 minutes, meanwhile GA gives 264 minutes. GA has longer mean flow time, because of the parameter and interation is not suffecient.
Pengukuran Kinerja Sistem Publish/ Subscribe Menggunakan Protokol MQTT (Message Queuing Telemetry Transport) Hanna Ribkah Pontolaeng; Inge Martina
Jurnal Telematika Vol 9, No 1 (2014)
Publisher : Institut Teknologi Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu model sistem terdistribusi yang digunakan untuk komunikasi antar perangkat adalah dengan sistem publish/subscribe (PUB/SUB). Ada beberapa protokol yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi publish/subscribe, salah satunya adalah protokol MQTT. Protokol MQTT adalah protokol yang didesain dengan karakteristik sederhana, ringan, dan mudah untuk diimplementasikan. Dengan demikian MQTT dapat diimplementasikan di perangkat dengan sumber daya komputasi yang terbatas. MQTT memiliki 3 level QoS, yaitu QoS 0, 1, dan 2. Penelitian ini mengukur dampak dari QoS protokol QTT terhadap QoS jaringan, yaitu bandwidth, delay, jitter, dan packet loss. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan QoS pada protokol MQTT berpengaruh pada QoS jaringan, yaitu bandwidth, delay, jitter, dan packet loss pada jaringan subscriber. One of the distributed system model useed for communication between devices is a publish/subscribe. There are some protocols that can be used for communication in publish/subscribe. MQTT protocol is one of them. MQTT protocol is a messaging protocol that is designed with characteristic such as simple, lightweight, and easy to implement. Thus, MQTT can be implemented in the devices with limited computing resources. MQTT has 3 levels of QoS, i.e. QoS 0, 1, and 2. This research measured the impact of MQTT protocol QOS in network QoS, i.e. bandwidth, delay, jitter, and packet loss. The result shows that MQTT protocol QoS impacts of network QoS, i.e. bandwidth, delay, jitter, and packet loss on the network subscriber.

Page 1 of 1 | Total Record : 6